0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BNN Provinsi Tes Urin Awak Pesawat

timlo.net/nanin
BNN Provinsi lakukan cek urin untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika di kalangan awak pesawat di Bandara Adi Sumarmo (timlo.net/nanin)

Boyolali — Badan Narkotika Nasional (BNN) Jateng melakukan tes urin terhadap awak pesawat di Bandara Adi Sumarmo, Kamis (28/1). Sebanyak 75 awak pesawat, mulai dari pilot, co pilot hingga petugas teknis tak luput dari pemeriksaan urin untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba. Hasil pemeriksaan urin tidak ada yang terindikasi memakai narkoba.

“Hasilnya negatif semua, ini kita lakukan untuk keselamatan penumpang,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pembinaan Masyarakat BNN Jateng, Susanto.

Dijelaskan, pemeriksaan urin untuk mengetahui penyalahgunaan narkoba dilakukan sebelum para awak pesawat melakukan penerbangan. Hanya saja, kali ini petugas harus menjemput para awak pesawat, karena mereka tidak bersedia datang ke ruang Merapi Bandara Adi Sumarmo, untuk tes urin.

“Kita jemput satu persatu, tadi ada lima maskapai penerbangan dengan 10 kali penerbangan yang kita datangi,” tambah Susanto.

Sementara itu, bila ada awak pesawat yang diketahui positif mengkonsumsi narkoba, pihaknya akan melakukan pengeledahan barang bawaan, bila ditemukan barang bukti maka akan diproses lebih lanjut.

“Tapi kalau dia hanya menggunakan, maka akan kita upayakan rehabilitasi,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge