0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Bayar Iuran JKK dan JKM 9.300 PNS

Kepala PT Taspen Cabang Solo, Tawab, (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Sejak Juli 2015, setiap bulan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo membayar iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp 167 juta kepada PT Taspen (Persero) Cabang Solo.Iuran yang bersumber dari APBD itu dibayarkan bagi 9.300 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Solo.

“Sejak Juli 2015 hingga Januari 2016, Pemkot Solo sudah membayar iuran JKK dan JKM. Besarannya untuk JKK sebesar 0,24 persen dari gaji pokok dan untuk JKM sebesar 0,30 persen dari gaji pokok,” kata Kepala PT Taspen Cabang Solo, Tawab, saat jumpa pers dengan awak media, Kamis (28/1).

Menurut Tawab, JKK dan JKM merupakan jaminan bagi aparatur sipil negara (ASN) sesuai yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 70 Tahun 2015. JKK dan JKM berlaku per Juli 2015. Bagi pegawai ASN yang tewas karena mengalami kecelakaan kerja maka yang bersangkutan mendapatkan JKM berupa santunan kematian kerja, uang duka tewas, biaya pemakaman dan beasiswa untuk anak.

Sedangkan pegawai ASN yang mengalami kecelakaan tidak meninggal dunia tetapi cacat akan mendapatkan santunan cacat, penggantian biaya rehabilitasi dan santunan sementara akibat kecelakaan kerja. Bagi pegawai ASN yang meninggal dunia bukan disebakan kecelakaan kerja maka kepada ahli waris akan diberikan hak berupa uang duka wafat, santunan kematian, biaya pemakaman dan beasiswa anak.

“Mulai Juli 2015 hingga Januari 2016, jumlah PNS Pemkot Solo yang meninggal dunia sebanyak 32 orang dan keseluruhannya telah mendapatkan Hak JKM,” ujar dia.

Tawab menambahkan, dari enam kabupaten/kota di Soloraya, hanya Kabupaten Klaten yang pembayaran iuran JKK dan JKM-nya belum lunas. Pemkab Klaten baru membayar iuran JKN untuk bulan November 2015 sampai Januari 2016. Sementara bulan Juli hingga Oktober 2015, iuran JKK dan JKM dengan jumlah sekitar Rp 1 miliar belum dibayar dengan alasan menunggu regulasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Hari Prihatno mengatakan Pemkot Solo menanggung iuran JKK dan JKM bagi seluruh PNS Pemkot Solo sebanyak 9.300 PNS. Iuran JKK dan JKM bersumber dari APBD lantaran menjadi tanggung jawab Pemkot, bukan dibebankan kepada PNS.

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge