0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Senjata Api Rutan Wonogiri Masih Lengkap

dok.timlo.net/tarmuji
Kepala Rutan Kelas IIB Wonogiri, Dedy Cahyadi (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Adanya dugaan senjata api (Senpi) milik lembaga pemasyarakatan (LP) yang digunakan untuk aksi teroris, ditanggapi serius Keala Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Wonogiri Dedy Cahyadi. Ditegaskan kondisi Senpi milik Rutan Wonogiri dalam kondisi prima.

“Kita sudah melakukan evaluasi dan revitalisasi, inovasi terkait penyimpanan senjata api di Rutan Kelas IIB Wonogiri,” jelas Dedy Cahyadi di sela-sela penyuluhan Hukum dan HAM serentak di Gedung PGRI, Brumbung, Selogiri, Kamis (28/1).

Menurutnya ,senjata api bukan saja dimiliki Lapas, banyak juga instansi lain yang memiliki senjata api atau gudang senjata, khususnya Kepolisian dan TNI. Sehingga yang dilakukan oleh pihaknya yakni melakukan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang diamanatkan oleh undang-undang.

“Tak hanya sesuai SOP, tapi kita juga melaporkan kondisinya secara berkala,” terangnya.

Dikatakan, jika sampai ada Lapas yang senjatanya hilang atau dicuri itu karena kebiasaan gudang senjata yang lokasinya tersembunyi, sehingga jarang termonitor setiap saat. “Yang pasti, yang kami lakukan telah sesuai prosedur,” terangnya.

Namun saat ditanya berapa jumlah Senpi, baik laras panjang atau pun laras pendek, Dedy enggan menyebutkan. Bahkan dia mengaskan, jika Senpi yang dimilik LP itu merupakan salah satu rahasia negara.

“Kalau jumlah senjata memang tidak diperkenankan untuk dipublikasikan. Yang pasti untuk wilayah Jawa Tengah, kondisi senjata api dan logistiknya dalam keadaan baik dan lengkap. Seminggu yang lalu dilakukan pengecekan keadaan Senpi secara serentak oleh Bapak Kakanwil, dan saya pastikan keadaan Senpi di Rutan Wonogiri dalam keadaan baik dan lengkap,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge