0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Deklarasi Relawan Pelajar Cerdas Hukum, Ini Isinya

Ratusan pelajar ikuti kegiatan penyuluhan hukum serentak (Luhkumtak) di Pendopo Pemkab Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —  Ratusan pelajar SMA/SMK negeri dan swasta di Kabupaten Klaten mengikuti kegiatan penyuluhan hukum serentak (Luhkumtak) di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (27/1). Kegiatan diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asazi Manusia (HAM) itu dibuka oleh Asisten Tata Pemerintahan Setda Klaten, Bambang Sigit Sinugra.

“Tujuan kegiatan ini agar masyarakat memahami dan menjadikan hukum sebagai energi yang mampu menjadi pendorong dalam penyelenggaraan bernegara dan bermasyarakat,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) II B Klaten, Budi Prayitno.

Penyuluhaan dipandu Bambang Srigiyanto (Kabag Hukum Setda), menampilkan pemateri Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Klaten, Iptu Rizky Widyo Pratomo, Jaka Yunanto (Granat), dan Kalapas II B Klaten Budi Prayitno.

Sebelum kegiatan dimulai, berlangsung deklarasi Relawan Pelajar Cerdas Hukum. Ada delapan poin deklarasi yang mereka bacakan. Di antaranya, berjanji untuk bersikap jujur, serta mencegah dan melaporkan tindakan bullying, taat pada peraturan di sekolah atau luar sekolah, serta berjanji untuk tidak menyontek.

“Kegiatan serentak di Indonesia ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran hukum dan  masyarakat cerdas hukum yang akhirnya tercipta budaya hukum dalam kehidupan dalam masyarakat,” jelas Kalapas Budi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge