0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Kanker, Ratusan Perempuan Periksakan Diri

dok.timlo.net/aditya wijaya
(dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Puluhan ibu rumah tangga dan remaja putri di Kecamatan Pedan, Klaten melakukan pemeriksaan kanker di Puskesmas Pedan. Hal itu sebagai pencegahan dini untuk mencegah penyakit kanker di kalangan perempuan.

“Ini kegiatan pemeriksaan kanker payudara dan kanker leher rahim. Sehingga ketika terdeteksi bisa segera dilakukan penanganan agar tidak bertambah parah,” kata Kasubag Tata Usaha (TU) Puskesmas Pedan, Reni Purwaningsih, Rabu (27/1).

Dikatakan, pada awalnya kegiatan pemeriksaan ditujukan bagi 56 orang ibu rumah tangga dan remaja putri di 14 desa. Namun di luar dugaan, jumlah peserta semakin banyak dan diperkirakan mencapai 100 orang.

Kendati demikian, menurut Reni, kesadaran perempuan untuk memeriksakan diri masih rendah. Padahal, penyebaran kanker payudara dan kanker leher rahim dapat dicegah jika penanganannya sejak dini.

“Selain pemeriksaan di Puskesmas, kami juga menggelar penyuluhan kesehatan reproduksi secara rutin. Tujuannya, memberikan pemahaman penyakit apa saja yang dapat menyerang organ reproduksi berikut penyebabnya,” ujarnya. kepada wartawan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge