0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Target Penerimaan Pajak 2016 Tumbuh 22 Persen

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani (dua dari kiri) saat menyampaikan materi (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kantor wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II menargetkan penerimaan pajak pada 2016 lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan mengintensifkan pengawasan kepada wajib pajak.

“Target penerimaan pajak kita pada 2016 bisa tumbuh sekitar 22 persen, atau menjadi Rp 12,34 Triliun dari target tahun lalu yang hanya Rp 10,5 Triliun,” ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani kepada wartawan, Rabu (27/1).

Dirinya mengatakan, upaya yang akan dilakukan untuk merealisasikan target tersebut adalah lewat intensifikasi pengawasan kepatuhan wajib pajak. Utamanya, wajib pajak orang pribadi non karyawan, wajib pajak bendahara, wajib pajak sektor industri dan jasa pendidikan.

“Selain itu penambahan wajib pajak baru juga akan terus kita lakukan,” jelasnya.

Mengingat 2016 adalah tahun penegakan hukum, sehingga menurutnya upaya pengawasan akan diprioritaskan pada wajib pajak yang dinilai tidak patuh. Bahkan bagi penanggung pajak yang dinilai mampu melunasi utang pajak tetapi tidak kooperatif, pihaknya juga tidak segan untuk melakukan penyanderaan.

“Dengan adanya kombinasi antara pengawasan, edukasi dan penegakan hukum ini kita harapkan penerimaan pajak pada 2016 bisa sesuai dengan target yang ditetapkan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge