0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2015, Capaian Penerimaan Pajak Sedikit Terkoreksi

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani (dua dari kiri) saat menyampaikan materi (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Realisasi penerimaan pajak pada tahun 2015, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II sedikit terkoreksi dari target yang telah ditetapkan. Kendati demikian capaian tersebut masih terbilang cukup memuaskan, karena berhasil tumbuh sekitar 28,19 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Dari target Rp 10,05 Triliun pada tahun 2015 kemarin, kita hanya mampu mencapai Rp 8,797 Triliun,” ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani kepada wartawan, Rabu (27/1).

Tidak tercapainya target tersebut, menurutnya karena dipengaruhi oleh beberapa hal dan salah satunya adalah gejolak ekonomi. Kendati demikian capaian tersebut terbilang cukup tinggi karena berada diatas capaian DJP Pajak secara nasional yang hanya tumbuh 8 persen.

“Bahkan secara nasional, capaian penerimaan pajak di Kanwil DJP Jateng II berhasil menduduki peringkat ketiga setelah Jawa Timur dan Manado,” jelasnya.

Ia menjelaskan kontribusi penerimaan pajak pada 2015 paling banyak disumbang oleh pajak penghasilan (PPh) sebesar Rp 5,07 Triliun, kemudian disusul dari penerimaan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar Rp3,53 Triliun, PBB sebesar Rp 28,3 Miliar dan pajak lainya sebesar Rp 162,3 miliar.

“Jika dilihat dari sisi pertumbuhan, penerimaan PPh mengalami pertumbuhan 22,09 persen dari tahun lalu. Sedangkan PPN tumbuh 40,2 persen,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge