0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

25 Linmas Diskorsing, Satpol Butuh 150 Linmas Lagi

Linmas dan Satpol PP Dilatih TNI dan Polisi. (Dok.Timlo.net)

Solo – Ditengah sejumlah perlindung masyarakat (Linmas) yang diberhentikan lantaran indisipliner, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo mengaku masih kekurangan 150 tenaga Linmas. Tambahan ini diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi Linmas dalam membantu Satpol PP.

“Kalau dilihat kebutuhan, ditambah 150 personil siap. Kalau Linmas banyak akan membantu sekali,” kata Kepala Satpol PP Solo, Sutarjo kepada wartawan, Rabu (27/1).

Menurut Sutarjo, jumlah Linmas kota awalnya sebanyak 150 orang. Namun, akhir-akhir ini Satpol PP melakukan evaluasi dimana sebanyak 25 orang Linmas diskorsing. Penyebabnya, 25 orang Linmas itu diketahui melakukan tindakan indisipliner. Jika saat dipekerjakan kembali 25 Linmas itu berkinerja baik, mereka akan dipertahankan. Tetapi jika sebaliknya tidak menutup kemungkinan akan dikeluarkan.

Sutarjo melanjutkan, kebutuhan 150 Linmas diperlukan untuk membantu Satpol PP dalam mengamankan wilayah. Saat ini, keberadaan Linmas kota terbukti efektif dalam membantu pengamanan wilayah seperti menjaga wilayah dari PKL. Hal itu terlihat di kawasan Jl Slamet Riyadi dan Ngarsopuro. Linmas juga diperlukan untuk menangani kejadian mendadak seperti pohon tumbang.

“Kalau hanya Satpol PP yang melakukan patroli mungkin akan banyak PKL mangkal. Begitu juga kalau ada pohon tumbang, Linmas kan di lapangan jadi lebih cepat. Dibanding SKPD lain yang kebanyakan di kantor,” jelas dia.

Sutarjo menambahkan, rencana perekrutan Linmas gagal dilakukan tahun lalu lantaran tidak adanya anggaran. Sutarjo berharap penambahan Linmas bisa segera dilakukan. Karena belum ada tambahan Linmas, Sutarjo mengoptimalkan Linmas yang sudah ada.

Kasi Bina Potensi Masyarakat Satpol PP Solo Hari Siyamto mengatakan jumlah Linmas se-Solo sebanyak 1.221 orang. Terdiri dari 1.071 Linmas di tingkat kelurahan dan kecamatan dan 150 anggota Linmas di tingkat kota.

“Dari 1.221 Linmas yang dibiayai APBD hanya 774 orang. Sisanya honor linmas dari kelurahan atau kecamatan maupun swadaya masyarakat,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge