0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Virus Zika Menyebar, Pemerintah Pantau WNI di Brasil

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Kementerian Luar Negeri terus memantau warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Brasil terkait penyebaran virus Zika di kawasan itu. Meski saat ini belum ada WNI yang terindikasi terjangkit virus mematikan tersebut.

“Saat ini kita terus memonitor dengan KBRI Brasil,” kata Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir, Rabu (27/1).

Tata mengatakan KBRI Brasilia segera melakukan pemeriksaan apakah ada WNI yang terkena virus ini apa tidak.

“Tadi pagi saya dapat info mereka terus memonitor. Belum ada WNI yang kena penyakit tersebut,” imbuhnya.

Pemerintah RI merasa belum perlu mengeluarkan imbauan perjalanan ke Brasil atau Amerika Latin. Sikap ini akan berubah jika otoritas internasional, misalnya WHO, sudah menetapkan Zika sebagai wabah lintas negara.

“Apabila jadi hal yang sangat membahayakan sesuai dengan analisa, kita akan mengambil langkah berikutnya,” kata Tata, panggilan akrab Arrmanatha.

Zika disebut telah menular ke lebih dari satu juta orang, dan kasus-kasusnya muncul di 20 wilayah Amerika Latin dan Kepulauan Samudera Pasifik. Negara yang terjangkit misalnya Kolombia, El Salvador, Haiti, Honduras, Meksiko, Venezuela, dan Puerto Rico. Kasus paling banyak terjadi di Brasil.

Dalam waktu dekat, WHO meyakini Zika menyebar di ke Amerika Utara. Satu pasien di Denmark hari ini (27/1) dinyatakan positif terjangkit, menjadi kasus Zika pertama di Eropa. Pasien itu adalah turis yang baru saja melawat ke Amerika Latin dan Karibia.

Virus Zika merupakan virus berbahaya yang hingga saat ini masih diteliti. Zika menular melalui nyamuk aedes aigypti, gejalanya sekilas mirip demam berdarah tapi tidak mematikan.

Penyakit ini lebih membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandungnya karena bisa memicu kasus bayi lahir dengan kepala kecil (microcephaly). Gara-gara zika, kasus kerusakan otak pada bayi di Negeri Samba mencapai 3.500 kasus sepanjang tahun lalu.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge