0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPK Disebut Lembaga Penyalur Orang ke Penjara

merdeka.com
jajaran pimpinan KPK (merdeka.com)

Timlo.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta lebih mengedepankan semangat pencegahan daripada penindakan dalam memberantas korupsi. Sejumlah pihak mengklaim KPK selama ini terkesan sebagai lembaga penyalur orang ke penjara.

“Jika ada indikasi korupsi kenapa KPK tidak turun? Warning. Jadi semangatnya bukan hanya menggiring sebanyak-banyaknya orang ke penjara,” kata Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PAN, Daeng Muhammad, Rabu (27/1).

“Ini ada indikasi tapi enggak cegah. KPK seolah jadi lembaga justifikasi,” sambung dia.

Hal yang sama juga diungkapkan anggota Komisi III lainnya, Didik Mukriyanto. Dia meminta agar KPK lebih mengedepankan semangat pencegahan daripada penindakan.

“Kami ingin KPK bukan hanya penindakan tapi penyelamatan uang. Kalau tidak penyelamatan maka hakikat KPK tidak berguna. Kami ingin dapat penjelasan,” kata Didik dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, politisi Demokrat ini meminta agar KPK juga punya strategi untuk menyelamatkan aset negara yang hilang (recovery aset).

“Selain melakukan penindakan, aset recovery juga penting. Banyak aset recovery atau pemulihan uang negara. Apa strategi ke depan? Kami ingin dapat penjelasan,” tandas dia.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge