0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di UNS, S2 Cuma 36 SKS, S3 Cukup 42 SKS

dok.timlo.net/tyo eka
Wakil Rektor I bidang Akademik UNS, Prof Drs Sutarno MSc PhD (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo nanti, program S2 cukup menempuh 36 SKS dari semula harus menempuh 72 SKS. Sementara untuk Program Doktor (S3) kini cukup menempuh 42 SKS.

Wakil Rektor I bidang Akademik UNS, Prof Drs Sutarno MSc PhD mengemukakan, untuk menindaklanjuti terbitnya Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristek) No. 44/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Permenristek pengganti Permenristek No. 49/2014 tersebut salah satunya mengatur jumlah sistem kredit semester (SKS) untuk Program Pascasarjana, baik Program Sarjana Strata 2 (S2) maupun program doktor.

“Sebenarnya secara substansi tidak banyak yang berubah. Ya tentunya kami menyesuaikan dengan aturan yang ada saat ini,” ujar Prof Sutarno saat bertemu wartawan di Rektorat UNS, Rabu (27/1).

Dijelaskan, dari sisi jumlah SKS yang harus ditempuh maupun target capaian untuk Program S2 maupun Program Doktor relatif sama, yakni berkisar antara 36 SKS hingga 44 SKS.

Sementara itu, Direktur Program Pascasarjana UNS, M. Furqon Hidayatullah menyatakan, akan menyesuaikan dengan ketentuan yang baru tersebut dan sejauh ini tidak ada permasalahan yang berarti terkait perubahan tersebut.

“Karena sejak Program Pascasarjana UNS berjalan, pada umumnya mahasiswa juga menempuh SKS rata-rata 36 SKS hingga 44 SKS,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge