0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BLH Solo Sosialisasikan Kantong Plastik Berbayar

Kantong plastik (dok.merdeka.com)

Solo —  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Solo mendukung sepenuhnya penerapan kebijakan kantong plastik berbayar di Solo. Dalam waktu dekat, BLH bakal mengundang beberapa SKPD dan kalangan peritel untuk memastikan penerapan kantong plastik berbayar yang dimulai 21 Februari mendatang.

“Kita akan lakukan sosialisasi terlebih dulu. Kita juga akan minta masukan mereka seperti apa, tanggapannya seperti apa, termasuk solusinya. Semuanya akan dibahas,” kata Kepala BLH Solo, Widdi Srihanto kepada wartawan, Rabu (27/1).

Setelah melakukan pertemuan dengan SKPD dan peritel, lanjut Widdi, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Mengingat masyarakatlah yang paling terdampak dengan adanya kebijakan kantong plastik berbayar. Melalui sosialisasi, Widdi berharap masyarakat memahami dan mengurangi penggunaan kantong plastik.

Ditambahkan, penerapan kantong plastik berbayar untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Pasalnya, sampah plastik merupakan sampah yang sulit diurai. Namun demikian, Widdi tidak mengetahui pasti berapa jumlah sampah plastik yang dihasilkan setiap pekannya di Solo.

“Kami tidak merinci berapa jumlah sampah plastik. Itu menjadi kewenangan DKP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan),” jelas dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo, Triyana mengungkapkan pihaknya siap menerjunkan tim ke lapangan saat kebijakan kantong plastik berbayar diterapkan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge