0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

1281 Warga Eks Gafatar bakal Tiba di Asrama Haji Donohudan

dok.timlo.net/nanin
Asrama Haji Donohudan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sebanyak 1.281 warga eks Gafatar dijadwalkan Kamis (28/1) tiba di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali. Mereka saat ini dalam perjalanan menuju ke Pelabuhan Mas Semarang, diberangkatkan Selasa (26/1) dari Pelabuhan Ketapang, Kalimantan Barat menggunakan Kapal Motor Dharma Fery.

“Mungkin tiba di sini (Asrama Haji Donohudan) Kamis siang,” ungkap Koordinator Posko Penampungan warga eks Gafatar dari Kesbangpolinmas Provinsi Jateng Prayitno Suyatmo, Rabu (27/1).

Mereka menempuh perjalanan 38 jam hingga 40 jam. Setiba di Pelabuhan Mas Semarang akan langsung diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan. Saat ini, Asrama Haji menampung 435 warga Eks Gafatar, yang datang dalam dua kloter. Kloter pertama sebanyak 77 orang yang dipulangkan menggunakan pesawat Lion Air , Minggu malam. Sedangkan kloter 2, sebanyak 358 orang, tiba di Asrama Haji Senin lalu dipulangkan menggunakan KRI Teluk Gilimanuk.

“Paling banyak dari Yogyakarta yaitu 345 orang, kemudian Jawa Tengah 40 orang dan sisanya 50 orang dari wilayah Jabar, DKI Jakarta dan Jawa Timur,” jelasnya.

Selama tinggal di Asrama Haji Donohudan, mereka dibagi dalam 12 kelompok. Pengelompokan itu bertujuan untuk mengoptimalkan proses pendampingan beragam materi mulai dari keagamaan, psikologi, hingga wawasan kenegaraan dan bela negara.

Terpisah, Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono, mengatakan pihaknya belum mengetahui pasti apakah mereka juga akan ditampung hingga Jumat (29/1) seperti rencana semula. Mengingat ke 1.281 warga eks Gafatar tersebut baru akan tiba Kamis besok.

“Kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari Provinsi, tapi kita siap mengamankan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge