0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Februari, Ndalem Joyokusuman Diserahkan ke Pemkot

Ndalem Joyokusuman di Gajahan, Pasar Kliwon, Solo (dok.timlo.net)

Solo —  Penyerahan Ndalem Joyokusuman dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo direncanakan dilakukan pada 3 Februari mendatang. Setelah nantinya resmi menjadi aset Pemkot, Ndalem Joyokusuman dirancang sebagai pusat seni dan budaya.

“Rencana awalnya diserahkan Kamis (28/1) besok. Tetapi diundur pada 3 Februari mendatang,” kata Kepala Bidang Cagar Budaya Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Mufti Raharjo kepada wartawan, Rabu (27/1).

Menurut Mufti, penyerahan Ndalem Joyokusuman bakal dilakukan di Joglo Ndalem Joyokusuman. Penyerahan bakal dilakukan langsung oleh Jaksa Agung HM Prasetyo. Menyambut proses penyerahan itu, Pemkot melakukan kegiatan bersih-bersih Ndalem Joyokusuman dalam beberapa hari terakhi ini.

Setelah resmi diserahkan, lanjut Mufti, DTRK sudah menyiapkan konsep pemanfaatan Ndalem Joyokusuman. Bekas rumah mantan Kepala Bulog Wijanarko Puspoyo itu akan digunakan sebagai pusat seni dan budaya.

“Landscape-nya akan dibuat seperti Museum Ullen Sentanu di Yogyakarta,” ujar dia.

Mufti menegaskan, pusat seni dan budaya Ndalem Joyokusuman tidak akan dikomersilkan. Untuk keperluanrevitalisasi bangunan yang terletak di Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon itu diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 7 miliar. Revitalisasi mencakup tiga bagian heritage yakni Joglo, bangunan Loji dan Kori (gapura depan).

“Tiga bangunan itu lebih kurang butuh Rp 7 miliar,” ungkap dia.

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Penjabat (Pj) Walikota Solo, Budi Yulistianto mengatakan anggaran revitalisasi Ndalem Joyokusuman bakal dianggarkan setelah Ndalem Joyokusuman resmi diserahkan ke Pemkot. Diperkirakan anggaran revitalisasi bakal dialokasikan di APBD Perubahan 2016.

Untuk diketahui, Ndalem Joyokusuman disita tahun 2008 oleh Kejagung sebagai barang bukti kasus korupsi. Sejak tahun itu, rumah tersebut mangkrak.

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge