0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penelitian: Kita Tidak Bisa Andalkan Teman Facebook

dok.timlo.net/ist
Logo Facebook (dok.timlo.net/ist)

Timlo.net—Jika Anda adalah orang yang memiliki teman Facebook yang sedikit, jangan kuatir. Sebuah penelitian yang diadakan oleh Oxford University menyatakan jika Anda tidak bisa mengandalkan sebagian besar teman Facebook kita. Bahkan menurut penelitian itu, kita hanya bisa mengandalkan 4 dari 150 teman di Facebook.

Tentunya hal ini ditentukan oleh alasan kita berteman di Facebook. Ada yang menambahkan seseorang sebagai teman di Facebook hanya karena ingin tetap berkomunikasi. Misalnya bila mereka bertemu dengan seseorang saat bertemu di luar negeri selama berwisata atau belajar. Jadi tidaklah mengherankan jika kita tidak bisa mengharapkan dukungan emosional di masa-masa krisis karena mereka tidak begitu kenal dengan kita.

Menurut penelitian itu, saat ditanya berapa banyak teman sejati yang dimiliki partisipan di Facebook, mereka menjawab jika teman sejati mereka sebanyak 27,6%. Saat mereka ditanya berapa banyak yang bisa mereka andalkan saat mereka mengalami krisis emosional, jawabannya rata-rata hanya 4,1 persen, dan sebanyak 14 persen hanya menunjukkan simpati saja.

Robin Dunbar, profesor psikologi evolusionari yang memimpin penelitian ini berkata,” Pertemanan, secara khusus, memiliki tingkat pembusukan alami tanpa adanya kontak, dan sosial media bisa memperlambat tingkat pembusukan ini. Akan tetapi, sosial media tidak cukup untuk mencegah persahabatan akhirnya mati secara alami jika mereka tidak memperkuat pertemanan dengan interaksi muka dengan muka.”

Sumber: Ubergizmo.

 

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge