0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Peringati Ulang Tahun Ke-75 Beatrice Tinsley

Google Doodle Beatrice Tinsley. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net—Google merayakan ulang tahun ke-75 Beatrice Tinsley, salah satu ahli astronomi wanita ternama asal Selandia Baru. Puteri dari walikota New Plymouth, dia berhasil mengatasi kecemburuan dan seksime yang luas dari orang-orang di bidang astronomi dan menjadi seorang profesor astronomi di Universitas Yale sebelum meninggal karena kanker pada 1981.

Dia lahir di Chester, Inggris pada 1941, anak kedua dari tiga bersaudari dan pindah ke Selandia Baru dengan keluarganya setelah Perang Dunia 2. Kali pertama, keluarganya tinggal di Christchurch dan lalu pindah ke New Plymouth.

Sembari belajar di Christchurch, dia menikah dengan seorang ahli fisika dan teman kuliah Brian Tinsley. Hal ini membuat dia tidak bisa bekerja di universitas di mana sang suami bekerja. Pada 1963, keduanya pindah ke Dallas, Texas tapi dia juga dibatasi di sana. Pada 1974, dia bekerja sebagai asisten profesor di Yale dan bekerja di sana hingga meninggal dunia.

Dr. Tinsley tidak hanya menghitung bagaimana galaksi terlihat seperti sekarang ini, tapi bagaimana galaksi terlihat dari masa ke masa. Dia bahkan menghitung model-model dari beragam jenis galaksi tanpa komputer modern.

Sumber: Radionz.co.nz

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge