0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan: Pemkot Harus Perbaiki Jalur Khusus Tuna Netra

dok.timlo.net/daryono
Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Banyaknya guiding block di jalur pedestrian di Solo yang kurang memenuhi syarat menjadi perhatian khusus kalangan DPRD. Mereka mendesak, supaya Pemkot Solo melakukan perbaikan agar kualitas jalur khusus penyandang tuna netra ini dapat digunakan maksimal.

“Seperti di kawasan Jalan Kartini, itu mestinya dibelokkan dulu sebelum nabrak. Bukan malah temboknya yang menjorok ke kawasan guiding block. Kasihan kan, bagi mereka para tuna netra,” kata Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno, Rabu (27/1).

Penataan guiding block, kata Sukasno, telah diatur dalam Perda, sehingga Pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) wajib memasang jalur khusus bagi tuna netra. Menurutnya, keberadaan guiding block sangat membantu penyandang tuna netra dalam beraktivitas.

“Fasilitas ini memberikan kontribusi penunjang bagi mereka beraktivitas,” terang Sukasno.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan Komisi II saat melakukan Sidak beberapa saat lalu, ditemukan sejumlah pedestrian yang tidak sesuai untuk kaum tuna netra. Kawasan tersebut adalah di Jalan Kartini dan Jalan Jenderal Sudirman.

Temuan di lapangan, lanjut politisi asal PDIP ini, pemasangan guiding block ditemukan ada yang terputus karena tiang listrik, tiang telepon, tembok bangunan hingga pedagang kaki lima. Disadari, jika guiding block dibangun sesuai konsep yang benar akan sangat sulit karena harus memindahkan insfratuktur yang sudah lama di lokasi tersebut.

“Memang sangat susah kalau harus sesuai aturan, tapi kami berharap Pemkot mampu mewadahi fasilitas para tuna netra tersebut,” jelas Sukasno.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge