0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TK Karangpandan Tertimbun Longsor

dok.timlo.net/nanang rahadian
Longsor timbun sebuah TK di Karangpandan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Longsor susulan kembali terjadi pada sebuah tebing di Dukuh Nigasan, Dusun Gondanggentong, Desa/Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Selasa (26/1). Tebing setinggi 7 meter menimbun pekarangan TK Karangpandan 02. Longsor ini merupakan susulan dari longsor sebelumnya yang terjadi pada hari Sabtu (23/1) dan Minggu (24/1) lalu.

“Beruntung saat itu tidak sedang berlangsung KBM (kegiatan belajar mengajar),” ujar Kepala Dusun Gondanggentong, Budiono kepada wartawan.

Budino menjelaskan, gedung TK dan KB itu berada tepat di bawah tebing makam desa setinggi 7 meter dan panjang 10 meter. Tanah longsoran selain menguruk arena bermain juga merusakkan beberapa mainan. Agar tidak merusak dinding, warga memasang kayu triplek untuk menahan longsoran.

“Kami khawatir bakal terjadi longsor susulan, sehingga kami harus berpacu dengan waktu membenahi tebing,” katanya.

Pantauan wartawan, sebuah alat berat didatangkan untuk membersihkan area pekarangan sekolah dari tanah dan bebatuan. Rencananya tebing itu akan didesain terasering supaya meminimalisasi faktor rawan. Aktivitas tersebut berlangsung tanpa meliburkan para siswa.

Sementara itu, Kepala TK 02 Karangpandan, Siti Wardhani mengatakan, para siswa tetap masuk seperti biasa pascalongsor. Ia berharap normalisasi tebing segera selesai sehingga para orangtua tak perlu lagi waswas menyekolahkan anaknya. Ditanya terkait opsi mengevakuasi 35 siswa TK dan 16 siswa kelompok bermain (KB), Siti mengatakan hal itu belum perlu dilakukan.

“Dua ruang kelas dan satu ruang TU masih utuh. Sebenarnya waswas juga, terutama kami kalangan guru saat sendirian di sekolah seusai KBM berakhir,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge