0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKPP Putuskan Panwaslu Wonogiri Tidak Bersalah

Ilustrasi Pilkada Serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak ()

Wonogiri — Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyatakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Wonogiri tidak melanggar kode etik, hal itu terungkap dalam persidangan yang digelar DKPP di Jakarta. Kasus itu sendiri berawal dari kasus pembagian sembako dalam pelaksanaan Pilkada Wonogiri 2015.

‪”Ini keputusan DKPP, bahwa Isnawati Sholihah (Ketua Panwas Kabupaten Wonogiri), Sriyanto dan Ali Mahbub (Anggota Panwas Kabupaten Wonogiri) tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik sebagaimana diadukan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri Nomor Urut 1 Hamid Noor Yasin dan Wawan Setya Nugraha (Pengadu), ” terang Ketua Panwaslu Isnawati Sholihah, Selasa (26/1).

‪Menurutnya, keputusan tersebut dibacakan Anggota Majelis Hakim Endang Wihdatiningtyas. DKPP juga memutuskan agar Isnawati Sholihah, Sriyanto dan Ali Mahbub direhabilitasi nama baiknya. DKPP memberi perintah kepada Bawaslu Provinsi Jawa Tengah untuk melaksanaan putusan tersebut.

‪”Merehabilitasi nama baik kami, dan memerintahkan kepada Bawaslu Provinsi Jawa Tengah untuk melaksanakan putusan itu,” ujarnya.

‪Sedangkan putusan sidang tersebut dibacakan bersamaan dengan 9 pengaduan dari daerah lain. Majelis Hakim yang terdiri dari Jimly Asshiddiqie sebagai Ketua, didampingi Saut Hamonangan Sirait, Valina Singka Subekti, Nur Hidayat Sardini, Ida Budhiati, Anna Erliyana, dan Endang Wihdatiningtyas.

‪Isnawati Sholihah mengatakan dirinya yakin DKPP yang memberikan putusan bahwa Panwas Kabupaten Wonogiri tidak melanggar kode etik.

‪”Kami sudah yakin dengan putusan ini, karena sudah bekerja sesuai ketentuan,” katanya.

‪Sebelumnya pasangan Hamid Noor Yasin dan Wawan Setya Nugraha melalui kuasa hukumnya mengadukan Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten Wonogiri (Para Teradu). Pasalnya diduga tidak menindaklanjuti laporan pelanggaran dalam Pilkada tahun lalu.

‪Laporan pelanggaran yang dimaksud adalah laporan adanya dugaan pembagian dan pemberian ribuan sembako dilakukan oleh Jaringan Relawan Indonesia (JARI) untuk mengarahkan memilih Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati wonogiri Nomor Urut 2 Joko Sutopo-Edi Santosa pada hari Jumat 27 November 2015.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge