0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tipu Korbannya Hingga Rp 144 Juta, Abu Faiz Dituntut Dua Tahun

Sidang kasus penipuan CPNS dengan terdakwa Sarwanto alias Abu Faiz di PN Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sarwanto alias Abu Faiz (40), terdakwa kasus penipuan CPNS dituntut hukuman dua tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Sragen, Selasa (26/1).

“Meminta Majelis Hakim PN Sragen yang memeriksa dan mengadili perkara ini menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Sarwanto alias Abu Faiz Bin Kedah Marno Wiyoto dengan pidana penjara selama dua tahun dikurangi masa tahanan,” kata JPU, Hanung Widyatmaka dalam tuntutannya.

Menurut Hanung, perbuatan terdakwa dinilai terbukti memenuhi unsur tindak penipuan penggelapan seperti yang diatur dalam pasal 378 KUHP. Terdakwa terbukti melakukan penipuan terhadap Joko Triyono (29), warga Pungsari, Kecamatan Plupuh dengan mengaku bisa memasukkan korban menjadi CPNS di Kemenag Sragen dengan imbalan Rp 144 juta.

“Pertimbangan memberatkan, perbuatan terdakwa telah merugikan korban. Yang meringankan, dia belum pernah dihukum, punya tanggungan keluarga dan bersikap sopan selama persidangan,” kata Hanung.

Ketua Majelis Hakim, Agung Nugroho menyatakan sidang akan dilanjutkan pekan depan depan dengan agenda mendengarkan pembelaan terdakwa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge