0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPBD Larang Pemotongan Rumput Gajah dan Alang-Alang

Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto (dok.timlo.net)

Sukoharjo — Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo menghimbau kepada seluruh masyarakat tidak memotong rumput sembarangan. Pasalnya, ada sejumlah jenis rumput yang sangat berguna untuk menahan tanah khususnya di bantaran sungai agar tidak longsor.

“Ada beberapa jenis rumput yang bersifat mengikat struktur tanah agar tidak mudah longsor, sehingga sangat disayangkan jika rumput itu ikut di potong, padahal fungsinya sangat penting,” kata Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto, Selasa (26/1).

Jenis rumput yang mempunyai sifat mengikat struktur tanah ini antara lain, rumput gajah dan alang-alang karena dua jenis rumput ini mempunyai akar tunggang yang cukup kuat. Sehingga, dihimbau untuk dua jenis rumput ini agar tidak dipotong hingga mati, kalau ingin dirapikan cukup dipotong bagian atasnya saja.

Dengan demikian, diharapkan mampu mengurangi resiko tanggul sungai jebol yang dapat mengakibatkan banjir. Mengingat, saat ini sejumlah daerah di Sukoharjo termasuk wilayah rawan banjir, seperti di Kecamatan Grogol dan Mojolaban yang dilintasi Bengawan Solo.

“Kalau daerah rawan banjir masih sama, wilayah hilir dari Bengawan Solo dan daerah lain yang drainasenya kurang baik masih mendominasi, tapi untuk saat ini belum ada yang terdampak banjir, mudah-mudahan tidak sampai ada,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge