0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sidak Tambang Ilegal, Wasdaltib Jateng Sita Backhoe

Lokasi penambangan pasir ilegal di Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Tim Pengawasan Pengendalian dan Penertiban (Wasdaltib) tambang Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah lokasi penambangan pasir ilegal di wilayah Klaten, Selasa (26/1).

“Kami menerima informasi ada sekitar 21 lokasi penambangan tanpa ijin yang beroperasi di Klaten. Untuk yang mengantongi surat ijin usaha penambangan (SIUP) ada tujuh tambang legal,” kata Staf ESDM Jateng sekaligus Penyidik PNS, Rohadi.

Dengan dibagi dua regu, sebanyak 12 personel gabungan dari ESDM Jateng, Satpol PP Jateng dan Balai ESDM wilayah Surakarta itu menyasar lokasi penambangan di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang dan Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom.

Dari sidak di Balerante, tim hanya menemukan satu unit backhoe yang tidak beroperasi. Namun Rohadi menduga sidak tersebut bocor. Sebab mesin backhoe masih dalam keadaan panas dan kunci menempel.

Selain itu, menurut dia, seragam dinas yang dikenakan dan mobil plat luar kota yang dikendarai membuat ketahuan. Bahkan saat perjalanan masuk ke lokasi, akses jalan sudah ditutup.

“Dari Balerante tim meluncur ke Bandungan berdasar info Twitter karena ada perintah dari pak Gubernur. Hasilnya kami temukan backhoe melakukan aktivitas penambangan. Sehingga kami sita untuk dibawa ke Balai ESDM Wilayah Solo,” tandas Rohadi kepada wartawan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge