0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembahasan RPJMD, Bappeda Belum Libatkan Walikota Terpilih

dok.timlo.net/daryono
Penggagas Piala Bung Karno, FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 dinilai berjalan sendiri tanpa melibatkan Walikota terpilih. Dikhawatirkan, pembahasan yang serampangan akan berbenturan dengan visi dan misi pasangan calon Walikota-Wakil Walikota terpilih dalam pembangunan Kota Solo.

“Untuk pembahasan RPJMD kami belum dilibatkan. Kalau gak dibahas bersama pasti ada perbedaan. Meski visi maupun misinya tidak keluar jauh dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP),” kata Walikota terpilih, FX Hadi Rudyatmo disela Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD, Selasa (26/1).

Dikatakan, pembahasan bersama sangat penting untuk harmonisasi RPJMD dengan visi-misi yang diusungnya saat Pilkada. Harusnya, lanjut Rudi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengundang dirinya bersama dengan Wakil Walikota terpilih untuk menetapkan RPJMD.

“Mungkin dalam waktu dekat ini, mereka (Bappeda-red) akan kembali membahas RPJMD dengan kami. Jika tidak, kami khawatir tidak ada harmonisasi saat membangun Kota Solo ke arah yang lebih baik,” terang Rudy.

Menurut pria berkumis ini, fokus RPJMD mendatang adalah jaminan kesehatan yang perlu dicari solusi bersama. Termasuk integrasi dari PKMS menjadi BPJS Kesehatan.

“Ini harus dipikirkan, jika tidak masyarakat miskin akan terkena imbasnya,” tandas Rudi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge