0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angkutan Plat Hitam Wajib Jadi Anggota Koperasi

timlo.net/nanang rahadian
Razia angkutan di Karanganyar (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) mengharapkan kepada puluhan sopir angkutan ber-plat hitam, yang beroperasi di wilayah Tawangmangu-Sarangan, untuk dapat masuk menjadi anggota Koperasi.

“Kita fasilitasi agar mereka nanti bisa terus beroperasi dan mengangkut penumpang yang bakal ke Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, ataupun Sarangan. Kalaupun nanti masuk ke koperasi, otomatis mereka nanti sudah mempunyai payung hukum yang melindungi usaha mereka,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan, Rusdiyanto, Selasa (26/1).

Sampai sejauh ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada 89 orang pemilik angkutan berplat hitam yang beroperasi di Tawangmangu tersebut. Dalam sosialiasi yang dilakukan akhir tahun 2015 lalu para pemilik angkutan menyanggupi masuk dalam keanggotaan koperasi yang difasilitasi Dishubkominfo.

“Saat sosialisasi itu, mereka menyanggupi mau ikut. Jadi nanti kita akan siapkan plat kuning, agar para sopir itu nanti tetap bisa masuk ke terminal. Kalau mau digunakan sendiri, nanti bisa diganti dengan plat hitam,” terang Rusdiyanto.

Lebih lanjut Rusdiyanto mengatakan Pemkab juga berencana bakal memberikan tempat khusus bagi mereka. Tempat tersebut nantinya direncanakan bakal dijadikan sebagai terminal wisata.

“Rencana itu sudah saya ajukan ke pak Bupati, jadi nanti kalau sudah masuk semua, kami akan bangunkan terminal wisata, di sana nanti para wisatawan bakal menggunakan jasa angkut mereka,” paparnya.

Diketahui sebelumnya, dalam waktu dekat, pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, yang bakal mengambil alih pengelolaan terminal bertipe B yang sebelumnya dikelola oleh pemerintah Kabupaten/Kota. Seperti yang ada di Tawangmangu.

Jika nantinya pengelolan tersebut jadi diambil alih oleh pemprov, kebijakan di terminal itu bakal diterapkan secara ketat termasuk melarang masuknya mobil pribadi yang dijadikan angkutan umum atau angkot plat hitam ke terminal, yang biasanya digunakan oleh sejumlah warga, baik digunakan untuk acara pendakian menuju Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, atau wisata telaga Sarangan, Jawa Timur.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge