0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MUI Dianggap Tidak Tepat Beri Fatwa Untuk Gafatar

merdeka.com
Eks ketua Gafatar (merdeka.com)

Timlo.net – Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengumumkan fatwa mengenai Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) pada awal Februari 2016. Saat ini mereka masih mengumpulkan bukti otentik serta mengkaji apakah organisasi itu sesat atau tidak.

Menanggapi hal ini, mantan Ketua Umum Gafatar, Mahful M Tumanurung, menegaskan akan menolak fatwa yang akan dikeluarkan MUI nantinya. Dia menilai fatwa yang ditujukan pada organisasinya tersebut bukan lah pada tempatnya karena Gafatar adalah organisasi keagamaan yang bergerak di bidang sosial dan budaya bukan keagamaan.

“Bukan tempatnya Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa sesat kepada kami atau Gafatar sebagai organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial dan budaya yang berazaskan Pancasila seperti yang tertulis dalam AD/ART,” kata Mahful, Selasa (26/1).

Ditambah lagi, Mahful menegaskan ajaran agama yang dianut Gafatar memang tak menganut paham Islam. Hal ini cukup beralasan, menurut pengakuan Mahful, Gafatar berpegang teguh pada paham milah Abraham.

Di dalam organisasi ini, lanjut Mahful, tidak ada paksaan bagi siapapun untuk menganut ajaran agama apapun.

“Kami menyatakan sikap telah keluar dari keyakinan atau paham keagamaan islam mainstream dan tetap berpegang teguh pada paham millah Abraham sebagai jalan kebenaran tuhan yang telah diikuti dan diajarkan oleh para nabi dan rasul Allah,” tegasnya saat dikonfirmasi.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge