0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karangpandan Bentuk Relawan Tanggap Bencana

Camat Karangpandan, Aji Pratama Heru Kristianto (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar membentuk sukarelawan tanggap bencana di tingkat kecamatan dengan Rendan. Anggota Rendan adalah perwakilan dari masing-masing desa. Sebanyak 65 orang sudah mendaftarkan diri untuk bergabung.

“Masih kita buka kesempatan apabila ada warga yang ingin mendaftar,” kata Camat Karangpandan, Aji Pratama Heru Kristianto, Selasa (26/1).

Heru menambahkan para relawan siaga untuk mengantisipasi terjadi bencana. Mereka sudah berpengalaman 80 % senior dan 20 % pemula. Bahkan beberapa orang pernah sukarelawan bencana Aceh, Jakarta, Padang, dan Yigya.

“Akan diresmikan Februari. Kita bekerja sama dengan Basarnas dan BPBD untuk melatih tim,” katanya.

Kecamatan Karangpandan mengalokasikan dana tanggap bencana dari Pendapatan Asli (PA) Desa tahun 2016. Dana tanggap darurat itu disiapkan untuk kegiatan bencana sebelum ada backup dari kabupaten.

“Ada petunjuk pelaksanaan jadi tidak melanggar. Alokasi dana tanggap bencana di setiap desa berbeda-beda antara Rp 7,5 juta – Rp 10 juta. Yang terbanyak yang rawan bencana,” kata Camat Karangpandan.

Menurut Aji Pratama Heru, Kecamatan Karangpandan memiliki 11 desa, yakni Gerdu, Karang, Salam, Doplang, Karangpandan, Ngemplak, Harjosari, Dayu, Gondangmanis, Tohkuning, dan Bangsri. Alokasi dana tanggap bencana setiap desa berbeda tergantung dari kondisi kedaruratan.

“Dana itu untuk sosialisasi, mitigasi, darurat, dan kebencanaan,” jelas Heru sapaan akrab Aji Pratama Heru Kristianto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge