0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Terjunkan Tim Pendampingan Psikologis Eks Gafatar

dok.timlo.net/tyo eka
Wakil Rektor III UNS, Prof Dr Darsono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) menerjunkan Tim Pendampingan Psikologis bagi kelompok eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

“Tim beranggotakan tujuh psikolog dan 25 relawan. Seluruhnya dari Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Kedokteran UNS,” jelas Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof Dr. Darsono didampingi Ketua Tim Hardjono, Wakil Dekan III Fakultas Teknik UNS Eko Pujianto dan Pengajar Psikologi UNS saat menyampaikan keterangan pers, di ruang sidang Wakil Rektor III UNS, Kampus UNS, Solo, Selasa (26/1).

Darsono mengatakan, tim ini melakukan inisiasi psikologi untuk mempercepat recovery jangka menengah. Karena seusai pemulangan, eks Gafatar akan menghadapi masalah psikologis seperti halnya ketakutan ditolak masyarakat dan merasa tertekan. “Beban psikologi yang dihadapi eks Gafatar tentu membutuhkan pendampingan,” jelasnya.

Tim tersebut, menurut Darsono, membuka posko di Kampus UNS Mesen selama enam bulan, mulai bekerja sejak tanggal 24 Januari 2016 kemarin. Pendampingan dilakukan secara tiga tahap, terdiri tahap darurat, tahap pemulihan dan tahap pengembangan.

Sementara itu, sesuai dengan kekhususan persoalannya, menurut Hardjono, dibutuhkan pendekatan dan penanganan khusus untuk membantu mengatasi krisis dan membangun kesejahteraan mental dalam masa penampungan, juga dibutuhkan dukungan masyarakat sekitar penampungan untuk membantu memfasilitasi kelompok eks Gafatar kembali dalam kehidupan interaksi masyarakat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge