0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti Ungkap Alasan Kenapa Kita Tidak Menemukan Alien

Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk
Alien. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Manusia belum menemukan alien karena kehidupan luar angkasa itu mungkin punah sebelum mencapai peradaban yang maju sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan kita.

Teori ini berasal dari para peneliti Australia yang percaya jika mustahil bagi kehidupan lain seperti alien untuk mengembangkan tahap di mana mereka secerdas manusia. “Alam semesta mungkin dipenuhi oleh planet-planet yang bisa dihuni, jadi para ilmuwan berpikir jika planet-planet itu dipenuhi para alien,” kata Aditya Chopra, seorang astrobiologis dari the Australian National University.

“Kehidupan awal itu rapuh, jadi kami percaya jika kehidupan itu jarang berevolusi cukup cepat untuk bertahan hidup,” tambahnya.

Chopra dan rekan-rekannya membuat teori yang disebut “the Gaian Bottleneck”, yang menyatakan jika planet-planet yang dulunya dihuni kehidupan lain menjadi planet yang tandus karena bencana-bencana alam. Hal ini bisa menjelaskan kenapa Mars tidak nampak dihuni kehidupan, walaupun dulunya memiliki kondisi serupa dengan Bumi.

“Kebanyakan lingkungan alam sebelumnya tidak stabil,” tambah Chopra.

“Untuk memproduksi lingkungan planet yang bisa dihuni, kehidupan yang ada harus membentuk gas rumah kaca seperti air dan karbon dioksida untuk menjaga suhu di permukaan tetap stabil,” katanya.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge