0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kalah Praperadilan, Kuasa Hukum RJ Lino Kecewa

RJ Lino (merdeka.com)

Timlo.net – Gugatan praperadilan yang diajukan mantan Direktur Utama PT Pelindo II, RJ Lino, ditolak pengadilan, Selasa (26/1). Kuasa hukum RJ Lino, Maqdir Ismail mengaku cukup kecewa dengan putusan hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Udjiati yang menolak gugatan tersebut.

Dia menilai, hakim Udjiati tidak mempertimbangkan bahwa bukti permulaan untuk menetapkan RJ Lino sebagai tersangka, melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

“Yang disebut oleh hakim dalam pertimbangan bukti permulaan terbatas pada permintaan keterangan dalam penyelidikan,” kata Maqdir.

Maqdir berkukuh, dalam proses pengadaan 3 Quay Container Crane (QCC), kliennya tidak merugikan negara atau memperkaya diri sendiri. Pasca keputusan ini Maqdir mengaku belum mengambil langkah hukum selanjutnya.

“Kami belum diskusikan dengan pak Lino. Nanti akan ada penjelasan atas tindakan yang akan diambil,” ucapnya.

Untuk diketahui, RJ Lino diduga menyalahgunakan wewenangnya dengan menunjuk langsung HDHM dari China dalam pengadaan tiga unit QCC di PT Pelindo II. Pengadaan QCC tahun 2010 diadakan di Pontianak, Palembang, dan Lampung. Proyek pengadaan QCC ini bernilai Rp 100-an miliar.

Atas perbuatannya, Lino dijerat Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge