0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ultah, DPRD Karanganyar Nanggap Dalang Cilik

dok.timlo.net/nanang rahadian
Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto saat menyerahkan wayang kepada dalang cilik (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pagelaran wayang kulit dan rapat paripurna istimewa menjadi puncak rangkaian peringatan hari jadi DPRD Karanganyar ke-65, Minggu (24/1) lalu.

Dua dalang cilik, Bayu Aji dari Jatiyoso dan Anggit Laras Prabowo dari Jumantono, pentas secara bergantian di pakeliran yang disiapkan di halaman gedung legislatif. Dalang Ki Purbo Asmoro tampil sebagai penutup pentas wayang pada Minggu malam.

“Hari jadi DPRD Karanganyar baru pertama kali diperingati, setelah dilakukan penelusuran sejarah untuk mengetahui secara pasti kapan pertama kali lembaga legislatif ini didirikan,” kata Ketua DPRD Sumanto, kemarin.

Menurut Sumanto, pimpinan DPRD menugaskan tim untuk melakukan penelusuran sejarah pada awal 2015. Penelusuran itu melibatkan tim ahli dari Universitas Sebelas Maret (UNS), serta masyarakat budaya di Karanganyar.

“Dari penelusuran itu diketahui, berdirinya DPRD Karanganyar pada 24 Januari 1951. Mudah-mudahan, dari peringatan ini menjadi pengingat sejarah yang bermakna dan tidak hanya sekadar seremonial saja,” katanya.

Dia juga berharap agar peringatan hari jadi menjadi momentum bagi seluruh anggota DPRD untuk meningkatkan komitmen bagi kemajuan Karanganyar. “Jadikan ini sebagai momentum untuk membangun Karanganyar yang berencana,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam rapat paripurna istimewa mengatakan, sejarah merupakan hal yang penting, karena masa lalu merupakan cermin untuk pembangunan di masa depan.

“DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang strategis. Lembaga ini pengejawantahan dari kedaulatan rakyat melalui partai politik,” tuturnya.

Dia berharap, dari momentum hari jadi tersebut ke depan ada sinergi yang positif antara lembaga legislatif dan eksekutif.

“Keduanya harus sinergi dan bergerak bersama sesuai perannya masing-masing, demi kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge