0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Demo? Disediakan Panggung di DPRD Karanganyar

dok.timlo.net/nanang rahadian
Aksi teatrikal demo di panggung aspirasi DPRD Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Jika aksi demo di beberapa kota dilarang dan diawasi ketat, lain halnya di Karanganyar. Warga yang ingin menyampaikan aspirasinya justru difasilitasi.

Disediakan panggung aspirasi dan kreasi yang dibangun DPRD Karanganyar dengan dana Rp 148.950.500 di tahun anggaran 2015.

“Biasanya, kalau terjadi demonstrasi hanya ada pengamanan. Sekarang, jika ada demo di sini, ada pelayanan. Tidak usah repot-repot bawa sound system. Kami juga akan menyiapkan makan minum untuk mereka yang menyampaikan aspirasi,” kata Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, Selasa (26/1).

Menurut Sumanto, panggung yang terletak di sisi timur halaman gedung legislatif itu, bebas digunakan sebagai tempat menyampaikan aspirasi masyarakat. Dengan ukuran panjang sekitar 10 meter dan lebar 5 meter, panggung itu juga bisa dimanfaatkan untuk unjuk kreasi seni dan budaya di Bumi Intanpari.Dikatakan juga, panggung tersebut juga bisa difungsikan bagi pegiat seni dan budaya di Karanganyar untuk tampil.

“Silakan. Misal untuk pentas keroncong, festival band, dan sebagainya. Sound system-nya juga tidak perlu bayar,” imbuhnya.

Peresmian panggung tersebut menjadi bagian dari rangkaian acara hari jadi DPRD Karanganyar ke-65. Hari lahir lembaga legislatif tersebut, berdasarkan penelusuran sejarah, diketahui 24 Januari 1951.

Sumanto berharap keberadaan panggung aspirasi dan kreasi dapat dijadikan sarana pelayanan kepada masyarakat, untuk memudahkan mereka dalam menyampaikan aspirasi.

Soal panggung yang terbuka dan tidak diberi atap, Sumanto mengatakan, hal itu memang disengaja. “Biar panas, demonya tidak kelamaan,” katanya berkelakar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge