0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan 90 Tahun Demo Televisi Pertama

Dok: Timlo.net/ Google.
Google Doodle televisi. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net—Google memperingati tayangan televisi pertama yang terjadi 90 tahun lalu dengan membuat sebuah doodle. Pada hari ini tanggal 26 Januari 1926, tayangan televisi pertama diperagakan di hadapan masyarakat. Layar televisi itu menunjukkan wajah Daisy Elizabeth Gandy, yang merupakan rekan bisnis John Logie Baird, penemu Skotlandia yang menjadi perintis dari televisi mekanis.

Televisi saat itu dikenal dengan nama televisor dan mirip seperti radio dengan sebuah mekanisme rotasi yang bisa menghasilkan video sekaligus suara. Terobosan pertama Baird terjadi pada 1924 saat dia berhasil mengirim gambar dengan jarak 3 meter.

Tapi pada 1926, peragaan ini diadakan di sebuah laboratorium (lab) di Soho, London di depan sekelompok orang dari the Royal Institution dan seorang jurnalis dari the Times. Baird berhasil menayangkan sebuah gambar seseorang yang ada di ruangan lain. Gambar itu kecil, hanya berukuran 7,6 x 6 cm, tapi dalam tiga tahun televisi mulai diproduksi massal dan siap dijual.

Setelah itu, Baird terus mengembangkan TV mekanis dan pada 1927 dia menyiarkan konten dari kabel telepon sepanjang 705 km antara London dan Glasgow. Dia mendirikan Baird Television Development Company, yang memproduksi tayangan transatlantic pertama dan transmisi langsung pertama dari Epsom Derby.

Dari 1929 hingga 1937, BBC menggunakan perusahaan Baird untuk melakukan siaran televisi tapi TV mekanis dilampaui oleh televisi elektronik pada 1930-an. Doodle buatan Google menggambarkan televisi mekanis pertama buatan Baird, memperingati kontribusinya dalam sejarah teknologi.

Sumber: IBTimes.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge