0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gugatan Aman To Ditolak MK, KPU Segera Gelar Rapat Pleno

timlo.net/agung widodo
Bupati Agus Fatchur Rahman saat melakukan pencoblosan pada Pilkada Sragen, 9 Desember 2015 (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan perselisihan hasil pemilihan (PHP) pada Pilkada Sragen 9 Desember 2015 lalu, yang diajukan pasangan Agus Fatchur Rahman-Djoko Suprapto (Aman To). Hal yang menjadi dasar ditolaknya gugatan tersebut lantaran selisih perolehan suara yang disengketakan melebihi ketentuan.

“MK menolak permohonan gugatan yang diajukan paslon Aman To karena permohonan tidak memenuhi syarat legal standing untuk bisa diproses. Sebab selisih suara untuk bisa disengketakan maksimal 1 persen,” kata Komisioner KPU Sragen, Dyah Nur Widowati, saat dihubungi wartawan usai mengikuti sidang MK di Jakarta, Senin (25/1).

Dikatakan Diyah, sidang putusan itu digelar MK yang dipimpin ketua majelis, Arif Budiman yang juga sebagai Ketua MK dengan anggota 8 majelis hakim. Dengan ditolaknya gugatan tersebut, maka pengajuan materi gugatan juga tidak bisa diproses karena selisih suara Pilkada Sragen melebihi ambang batas yang ditentukan.

Diyah menambahkan, dengan ditolaknya gugatan, KPU Sragen rencananya juga bakal segera menggelar Rapat Pleno Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sragen terpilih pada Selasa (26/1).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge