0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kurangi Stres Anak-anak Eks Gafatar, Korem Gunakan Metode Khusus

dok.timlo.net/achmad khalik
Danrem 074/ Solo, Kolonel ARH Toto Nugroho (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Korem 074/Warastratama Solo menggunakan metode khusus dalam penanganan anak-anak eks anggota Gafatar. Metode ini dilakukan untuk mengurangi stres dan trauma yang mungkin terjadi, selama mereka turut menjadi anggota Gafatar.

“Sebenarnya anak-anak ini tidak tahu menahu tentang apa itu Gafatar, mereka hanya ikut orang tuanya. Anak-anak ini ya kita perlakukan selayaknya anak-anak. Kita akan undang psikolog untuk pendampingan mental bagi anak-anak ini,” ungkap Komandan Korem, Kolonel Arhanud Toto Nugroho saat ditemui Timlonet di Markas Korem Senin (25/1).

Selain itu, Toto juga menjanjikan untuk membuat kelas bermain dan belajar bagi anak-anak selama pendampingan. Dia berpendapat, selama bergabung dengan Gafatar anak-anak ini kemungkinan tertinggal dalam hal pelajaran.

“Kita klasifikasikan nanti menurut umurnya, nanti kita beri pendampingan pelajaran, semacam diberikan Bimbingan Belajar (Bimbel),” ucapnya.

Lebih lanjut, Toto mengatakan, pendampingan ini akan dilakukan disela pemberian materi deradikalisasi yang diberikan kepada orang tua mereka. Dia menegaskan Korem 074/Warastratama Solo selama pendampingan, hanya sebagai pengampu keamanan. Sedangkan untuk pendampingan akan diserahkan ke pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dirinya berharap, setelah selesai dilakukan pembimbingan, para eks-anggota Gafatar yang sebagian besar tidak hanya berasal dari Solo Raya, dapat segera kembali ke daerah masing-masing.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge