0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Meninggalnya Bayi Nameera, Begini Tanggapan RSI Klaten

Rumah Sakit Islam Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten tidak bisa menjelaskan ke publik mengenai penanganan dan penyebab meninggalnya bayi Nameera Altynia Bramasto. Hal itu menyangkut kode etik profesi dokter.

“Kami tidak bisa menjelaskan detail penanganannya seperti apa karena itu kode etik medis. Kita menjaga kerahasiaan si pasien,” ujar Humas RSI Klaten, Agus Susanto, Senin (25/1).

Ia membetulkan kalau hari ini telah berlangsung mediasi antara keluarga Nameera dengan RSI Klaten. Perawatan pasien sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Namun demikian, jika wartawan menginginkan hasil mediasi maupun medis, pihaknya menyarankan langsung menghubungi keluarga Nameera.

“Kita sudah Informasikan ke keluarga (Nameera). Silakan tanya ke keluarga, kalau tanpa persetujuan dari keluarga atau si pasien tidak bisa. Kecuali keluarga si pasien sudah memberikan ijin terlebih dulu,” kata Agus.

Ditambahkan, ijin tersebut bentuknya harus tertulis. Jika lisan, ditakutkan suatu saat nanti pihak RSI Klaten digugat oleh keluarga pasien.

“Harus ada informasi tertulis. Bentuk ijinnya berupa surat kuasa. Kita menjaga kerahasiaan,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge