0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peduli Lingkungan, Kodim Sragen Tanam Ribuan Pohon

dok.timlo.net/agung widodo
Penanaman pohon Pola Padat Karya Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Jajaran Kodim 0725/Sragen memelopori penanaman ribuan pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Banyaknya kerusakan lingkungan yang ditimbulkan adanya bencana alam perlu dibarengi dengan tindakan nyata untuk menyelamatkan ekosistem.

“Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius seperti banjir, erosi, tanah longsor, rusaknya lingkungan alam, kepunahan  dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna,” kata Komandan Kodim 0725/Sragen, Letkol Inf Denny Marantika dalam acara penghijauan Pola Padat Karya di Dukuh Bero, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Senin (24/1).

Menurut Dandim, dalam penanaman pohon itu ada dua tipe yang dilakukan, yaitu penghijauan sepanjang jalur jalan, dan tipe dua meliputi bantaran sungai, wilayah daerah kritis, bumi perkemahan dan hutan. Pada tipe 1, ditanam sekitar 3.170 batang pohon trembesi di antaranya di Jalan Raya Solo–Surabaya, Jalan Tangen–Purwodadi dan Jalan Solo–Purwodadi (meliputi wilayah Gemolong, Miri dan Sumberlawang), Jalan Gondang Bumiaji (wilayah Gondang), Jalan Dawungan (Masaran ), Jalan Pucung – Guwosari (Karangmalang).

Sedangkan penghijauan tipe 2 menanam 2.550 batang pohon campuran dengan total 5.720 batang pohon dibantaran sungai Sedyorejo Kedungupit, bantaran Sungai Desa Guworejo Karangmalang, Sungai Desa Pilang Masaran dan sungai di wilayah Tanon.

Denny Marantika menambahkan, penghijauan ini juga dilakukan di wilayah Soloraya secara serentak. Selain diikuti 450 personel TNI dari Kdim 0725/Sragen, penanaman pohon ini juga melibatkan anggota Polsek dan kecamatan serta diikuti 300 orang dari masyarakat Sambungmacan

“Mari kita menanam pohon sebanyak-banyaknya, jangan pernah kita berharap tumbuhan pohon kalau menanam pohon pun kita tidak pernah,” pungkas Dandim.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge