0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Pidato SBY Usia Terima Gelar Honoris Causa

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (merdeka.com)

Timlo.net – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa dari Institut Teknologi Bandung (ITB). SBY menyampaikan kebahagiaan ganda atas kehormatan yang diberikan usai melepas jabatan presiden.

“Rasa bahagia saya bertambah. Doktor kehormatan saya terima ketika saya tidak menjabat presiden. Ini tentu akan membebaskan komentar miring dan cemooh dari orang lain,” kata SBY, Senin (25/1).

Untuk diketahui, SBY semasa menjabat sebagai pimpinan negara 10 tahun lamanya, banyak mendapatkan doktor kehormatan baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga, kini dia yang tidak memiliki jabatan strategis di pemerintahan merasa lepas dari tudingan miring apapun atas apa yang didapatnya.

“Ada yang menilai akan ada agenda motif politik. Tentu lembaga kehormatan ini direndahkan jika dicurigai pihak tertentu demikian saya,” ungkap SBY.

SBY mengaku kini eranya serba modern. Perkembangan zaman tidak dapat terbantahkan lagi.

“Terus terang meski kita hidup di era modern. Namun tak mudah menemukan obat mujarab dan buruk sangka serta orang yang berpikir negatif,” ungkap SBY.

Ketua umum Partai Demokrat itu menyampaikan orasi ilmiah mengenai peran serta manusia untuk keselamatan bumi. Ketika tahun 1.800 Masehi, bumi hanya diisi 1 miliar manusia, tapi 200 tahun kemudian bumi sudah dihuni lebih dari 7,3 miliar manusia.

“Sekarang krisis sumber daya rusak, iklim berubah. Bahwa pemanasan global bukan cuma isu. Ini nyata adanya. Ekonomi hijau dan isu global ini yang akan menentukan nasib kita semua. Saya ingin forum ini menyadarkan masyarakat Indonesia, kita menghadapi masalah serius. Yang dapat diatasi, kesadaran, tanggung jawab dan kesadaran semua,” terangnya.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge