0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Foto Kentang Ini Dijual Senilai Rp 13,8 Miliar

Dok: Timlo.net/ Smh.com.au
Foto kentang karya Kevin Abosch. (Dok: Timlo.net/ Smh.com.au)

Timlo.net — Fotografer Kevin Abosch baru-baru menjual foto sebuah kentang seharga $1,5 juta (Rp 13,8 miliar). Kevin merupakan fotografer terkenal yang pernah memotret beberapa selebriti dunia termasuk Johnny Depp, Bob Geldoff dan Steven Spielberg. Tapi dia mengakui jika harga foto yang diberi judul “Potato #345” itu sedikit tidak masuk akal.

Kevin yang bekerja di Perancis dan Irlandia, makan malam dengan seorang pebisnis Eropa di rumahnya saat sang tamu itu melihat foto itu dipajang di tembok, tulis The Sunday Times di London, Inggris.

Abosch memotret kentang itu pada 2010, saat kentang itu di antar ke rumahnya bersama sayuran organik lainnya. “Kami minum dua gelas anggur dan dia (sang pebisnis) itu berkata: ‘Saya benar-benar suka itu (foto kentang).’ Dua gelas anggur lagi dan dia berkata: ‘Saya benar-benar ingin itu,’” kata Kevin.

“Kami lantas membahas harganya dua minggu kemudian. Ini adalah pertama kali saya dibayar begitu mahal untuk sebuah karya,” tambahnya.

Ciri khas Kevin adalah foto-foto dengan latar belakang gelap. Foto-fotonya sudah menjadi koleksi di kalangan orang kaya. Rata-rata fotonya dibeli seharga £200,000 (Rp 3,9 milyar). The Sunday Times melaporkan jika ada tiga ukuran cetak berbeda dari foto kentang itu. Dia menyumbangkan satu foto ke the National Museum of Contemporary Art di Novi Sad, Serbia; satu foto disimpan sebagai koleksi pribadi dan yang satunya dijual ke pembeli ini.

Kevin sendiri sudah memotret beberapa kentang, tapi tidak yakin jenis kentang yang ada dalam foto itu. Karya Kevin sebelumnya termasuk Faces of Ireland, terdiri dari 250 foto orang di Irlandia. Karya ini dirilis pada 2011, juga potret dari aktivis Pakistan Malala Yousafzai, dan eksekutif Facebook Sheryl Sandberg.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge