0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Turun Gunung, Gerombolan Kera Sikat Makanan Warga

dok.timlo.net/nanin
Serangan kera di ladang pertanian (dok.timlo.net/nanin)

Wonogiri — Kawanan kera penghuni perbukitan sekitar obyek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri mulai menyerang permukiman warga.

“Saat ini mereka kembali turun gunung, menyerang permukiman warga. Ya terkadang masuk ke dalam rumah warga mengambil makanan yang ada,” ujar salah satu warga, Yatno, Senin (25/1).

Informasi yang berhasil dihimpun, serangan kawanan kera itu terjadi di setiap musim. Baik kemarau maupun penghujan, dipastikan ada warga yang merugi akibat serangan tersebut. Sesekali kawanan primata berekor panjang itu menghilang tidak menyerang.

Kawanan kera itu kadang hanya datang masuk ke pekarangan sekitar rumah, namun kadang datang dengan merusak tanaman padi maupun palawija, tanpa memakannya. Tanaman milik petani itu seringkali hanya dijadikan tempat bermain-main kera.

“Paling sering diketahui warga pada pagi sekitar pukul 06.00 WIB, dan sore pukul 16.00 WIB,” katanya.

Akibatnya sejumlah lahan pertanian milik warga seperti tanaman kacang tanah, maupun jagung rusak. Setelah tanaman pertanian rusak, kera itu tidak lantas menghentikan aksinya. Justru mereka terus bermain-main di sekitar lokasi itu.Warga  mengaku takut mengasari kera-kera itu, pasalnya jika mereka terusik akibatnya,akan lebih banyak kera yang turun menyerang permukiman warga.

Kepala Desa (Kades) Sendang, Budi Hardono membenarkan adanya serangan kera di wilayahnya. Kawanan kera itu, menurutnya merupakan satu koloni. Diperkirakan ada beberapa koloni di sekitar perbukitan dan menyerang pemukiman penduduk. Satu koloni biasanya dipimpin satu ekor kera dengan tubuh paling besar. Tidak hanya tanaman yang diserang. Makanan di rumah penduduk juga diambil.

“Dulu sempat takut dengan bunyi kentongan yang pukul warga,tapi sekarang mereka sudah tidak takut lagi, sampai sekarang solusi apa kita belum tahu,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge