0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semin dan Beji Dilirik Jadi Desa Organik

Warga Desa Semin, Nguntoronadi panen raya buah Naga (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Program desa organik di Wonogiri bakal segera dilakukan. Pemkab telah melirik dua desa untuk dijadikan pilot project. Nantinya desa organik akan difokuskan dalam pengembangan komoditas pangan, sayur-sayuran dan buah-bauhan.

“Yang kita usulkan ada dua desa, yakni Desa Semin dan Beji, Kecamatan Nguntoronadi,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Panganan dan Holtiluktura (Dispertan TPH) Wonogiri, Safuan, Senin (25/1).

Menurut Safuan, alasan dipilihnya dua desa tersebut lantaran posisi geografisnya berada di dataran tinggi. Selain itu, Desa Semin selama ini juga merupakan sentra buah-buahan yakni buah Naga.

“Pertimbangan lain yakni pada kadar air belum terkontaminasi partikel-partikel berat. Kedua desa itu kan masih berada di atas, jadi toh terkontaminasi masih mudah untuk pemurniannya,” jelasnya.

Safuan juga mengatakan, desa organik itu merupakan program pemerintah pusat ,sebagai salah satu contoh pengembangan desa berkelanjutan. “Dari APBN disediakan anggaran Rp 55 juta untuk bantuan benih dan Saprotannya,” katanya.

Dijelaskan, desa organik nantinya benar-benar alami tanpa sentuhan zat kimiawi. Sehingga untuk pemupukan tanaman pangan maupun sayur dan buah juga harus organik.

“Nanti para petaninya pun akan diberikan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pestisida hayati dengan memanfaatkan mikroba,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge