0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sedikit Molor, Pembebasan Lahan Waduk Gondang Kelar

dok.timlo.net/nanang rahadian
Pembangunan Waduk Gondang (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Meski sedikit molor, pembebasan lahan untuk pembangunan Waduk Gondang rampung. Negosiasi tiga kepemilikan diantaranya sedikit alot dari  88,25 hektar lahan milik 224 warga di tiga desa.

“Akhirnya tiga pemilik itu bersedia dengan penawaran pemerintah karena menyadari untuk kepentingan masyarakat juga. Sempat mereka akan menempung proses pengadilan. Padahal nilai apraisal sudah sesuai nilai ekonomis asetnya itu. Ini membuat target selesai pembebasan pada 2015 melenceng,” katanya.

Tiga warga tersebut Satiyem, warga Desa Gempolan Kecamatan Kerjo yang memiliki tanah seluas 3.088 meter persegi dengan nilai kompensasi pelepsan aset Rp 230 juta. Kemudian Giyarno warga Desa Gempolan pemilik lahan seluas 4.000 meter persegi dengan nilai ganti rugi Rp 600 juta. Lalu Narmo, warga Ganten, Kecamatan Kerjo dengan lahan seluas 3.515 meter persegi diberi ganti rugi Rp 647 juta.

“Tiga terakhir ini tuntas sampai pertengahan Januari lalu. Mereka di kelompok pertama pembebasan lahan yang mayoritas telah terbayarkan Oktober 2015. Sedangkan 8 hektar kebutuhan tambahan menunggu SP2LP, baru kemudian diproses pembebasannya,” kata Dwi.

Meski telah rampung, namun Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) tengah memproses pembebasan ekstra lahan seluas 8 hektar di lokasi tersebut.

“Muncul kebutuhan ekstra lahan setelah dilakukan pemutakhiran data pengukuran oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN),” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPkom) Pembangunan Waduk Gondang, Ali Rahman dari BBWSBS, Jumat (21/1).

Ali Rahman menjelaskan awalnya kebutuhan hanya 88,25 hektar lahan. Kemudian menjadi 96,23 hektar. Ada penambahan 8 hektare setelah dilakukan pengukuran oleh BPN.

“Luasan 8 hektare itu berada di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nasional IX Batujamus/Kerjoarum berukuran 7 hektare dan milik warga seluas 1 hektar,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge