0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hama Keong Hitam Mengganas

timlo.net/nanin
Petani di Canden, Sambi, terpaksa memunguti keong mas yang menyerang tanaman padi (timlo.net/nanin)

Boyolali — Petani padi di Desa Canden, Sambi, diresahkan dengan serangan hama keong hitam. Hama ini memakan batang padi yang baru ditanaman. Yang membuat petani resah, hama yang belum diketahui obatnya ini, berjumlah ribuan dan baru pertama kalinya menyerang areal persawahan di Canden.

“Tidak tahu dariman asalnya, tiba-tiba sudah muncul di sawah, jumlahnya mencapai ribuan,” kata Jumeri (54) petani setempat, Minggu (24/1).

Menurut Jumeri, serangan keong hitam ini sangat cepat menghabiskan batang padi yang di tanam. Selain itu, lendir pada batang padi bekas serangan keong ini juga bisa merusakkan tanaman. Karena belum ada pestisida pembasmi hama ini, setiap pagi dan sore hari, meluangkan waktu untuk memunguti satu persatu keong hitam tersebut. Keong yang dipunguti untuk pakan lele.

“Nyerangnya malam hari, kalau pagi dan sore bisanya akan muncul dipermukaan,” tambahnya.

Hal yang sama juga dirasakan petani lain, Suradi (52), terpaksa harus memunguti satu persatu keong di lahan persawahanya. Suradi sendiri mengaku bingung mencari pestisida yang mampu membasmi hama ini. Selain mengambil satu-satu, dirinya juga menghancurkan telur-telur keong yang jumlahnya mencapai ribuan.

“Tiap kali mengambil bisa dapat satu sak, kebanyakan memang masih kecil-kecil,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge