0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Eks Gafatar Pulang, Pemkab Klaten Tunggu Konfirmasi dari Donohudan

dok.timlo.net/gg
(Ilustrasi) (dok.timlo.net/gg)

Klaten — Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klaten masih menunggu konfirmasi resmi paska pemulangan eks ormas Gafatar dari Kalimantan Barat ke sejumlah daerah di pulau Jawa.

“Besok pagi kami rapat dulu dengan Sekda. Setelah itu kami akan mengecek langsung ke Donohudan untuk tahu jumlah pastinya (warga Klaten) berapa yang dipulangkan,” kata Kepala Kantor Kesbangpol Klaten, Hadi Saputro, Minggu (24/1).

Dijelaskan, dari rapat koordinasi (rakor) yang digelar Pemprov Jawa Tengah bersama pemkab/pemkot se-Jateng, ada 375 orang eks Gafatar yang dipulangkan ke Jawa menggunakan kapal. Selanjutnya mereka ditampung di asrama haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

“Dari rakor di Provinsi, untuk jumlah semua kabupaten belum valid benar. Tapi menurut data awal ada 10 orang warga Klaten yang ikut dalam rombongan. Kepastian baru bisa dikonfirmasi saat mereka (eks Gafatar) ditempatkan di Donohudan,” jelasnya.

Selama di Donohudan, lanjut dia, eks Gafatar akan mendapat pembinaan spiritual, wawasan kebangsaan dan kesatuan.

“Pembinaan selama tiga hari dan masih tanggungjawab provinsi, baru dijemput masing-masing pemerintah daerah. Untuk Klaten sendiri rencananya mau ditampung lagi, tapi tempatnya belum ada kejelasan,” imbuh Hadi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge