0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jembatan Troso Ambrol, Jalur Penggung – Jatinom Ditutup

timlo.net/aditya wijaya
Warga Desa Troso, Kecamatan Karanganom bersama TNI dan relawan melakukan gotong rotong di Jembatan Troso yang berada di ruas Jalan Raya Penggung-Jatinom, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten bakal membongkar jembatan Troso, Kecamatan Karanganom, yang berada di ruas Jalan Raya Jatinom-Penggung. Pasalnya, Sabtu (23/1) kemarin, gorong-gorong di bawah jembatan ambrol sepanjang dua meter.

“Besok (Senin, 25/1), kami akan membongkar jembatan lama yang akan diganti jembatan cor beton dengan menggunakan eskavator PC 50 oleh Bidang Bina Marga,” Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPU ESDM Klaten, Pramana Agus Wijanarka, Minggu, (24/1)

Informasi dihimpun, tanda-tanda gorong-gorong di jalur alternatif Klaten-Boyolali itu mulai ambrol sekira pukul 10.00 WIB. Beberapa jam kemudian, pondasi di bagian utara jembatan ambrol beserta aspalnya sehingga memakan badan jalan.

Selain tak kuat menahan derasnya aliran air dari Ponggok, Kecamatan Polanharjo, jembatan itu diduga rapuh termakan usia. Sebab jembatan dibangun sejak jaman Belanda. Belum lagi sering dilakui truk pengangkut pasir dan batu (galian C) dari lereng Gunung Merapi.

“Warga setempat dan Koramil Karanganom hari ini sudah mulai gotong royong untuk membersihkan lokasi. Selain itu akan ada pengalihan aliran air dan menyetel pintu air untuk mendukung pengerjaan fisik jembatan yang dilakukan oleh bidang SDA,” imbuh Pramana.

Ditambahkan, akses menuju jembatan saat ini ditutup bagi pengguna jalan. Jika dari Penggung menunju Karanganom disarankan melalui jalan perkampungan. Sebaliknya, dari Karanganom ke Penggung, disarankan melalui jalur Rumah Sakit Islam (RSI) Ketandan, Klaten.

“Untuk sementara waktu bagi pengendara yang melalui Jalan Raya Penggung – Jatinom yg melewati jembatan ditutup dulu dan dicarikan jalan alternatif yang lain,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge