0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ritual Poe Oen, Harapan Penganut Tri Dharma di Tahun Baru Imlek

Upacara Poe Oen (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Rapal doa dipanjatkan oleh pemuka keyakinan Tri Dharma mengiringi Ritual Pao Oen yang digelar di Klenteng Tien Kok Sie, Pasar Gede, Solo, Minggu (24/1). Rangkaian kegiatan menyambut tahun baru Imlek ini berlangsung khidmat dengan diikuti ratusan orang yang kebanyakan warga keturunan Tionghoa.

Ritual yang sarat akan nilai kebudayaan ini, juga dimaksudkan sebagai tolak balak memasuki tahun baru Imlek yang jatuh pada tanggal 8 Februari nanti. Mereka percaya, bahwa dengan mengikuti upacara Poe Oen segala bentuk kesialan akan menyingkir dan digantikan dengan keberuntungan, baik dalam usaha maupun keselamatan.

Uniknya, dalam puncak acara tersebut diwarnai dengan pelepasan Burung Gereja sebanyak 888 serta sejumlah ikan. Mereka percaya, dengan membebaskan mahkluk hidup maka akan memperbanyak rejeki dan mendatangkan keberkahan.

“Maknanya, supaya tahun depan nanti lebih diberkati dan diberikan kelimpahan rejeki,” terang Ketua Klenteng Tien Kok Sie, Henry Susanto kepada wartawan.

Upacara Poe diawali dengan ritual pembukaan Sutra Phu Men Phin. Dilanjutkan dengan ritual pelengkap lainnya. Dipuncak acara, ditandai dengan siraman tolak balak yang mengandung pesan energi negatif dibersihkan supaya mendatangkan energi positif ditiap diri penganut ajaran Tri Dharma.

Sedangkan, masyarakat yang mengikuti upacara Poe Oen membawa satu stel pakaian yang telah diberi nama pada kertas khusus untuk didoakan. Disamping itu juga, masyarakat menyertakan keinginan mereka pada selembar kertas sebagai harapan ditahun baru yang akan datang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge