0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Migrasi Jamkes Molor, Dewan : Gunakan Data Penerima Raskin

Anggota Komisi IV DPRD Solo, Renny Widyawati (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Keterlambatan data verifikasi integrasi dari Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) Gold kemigrasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) membuat geram kalangan Dewan. Mereka mendesak, supaya Bappeda menggunakan data keluarga miskin (Gakin) penerima Raskinda jika di tiga kelurahan tak kunjung rampung.

“Pakai saja data Raskinda yang dimiliki oleh Kantor Ketahanan Pangan. Penerimanya kan bisa sama. Kalau lambat seperti ini, warga juga yang rugi,” terang Anggota Komisi IV, Reny Widyawati saat dihubungi, Minggu (24/1).

Pihaknya telah mendapat banyak keluhan terkait pemegang PKMS Gold yang tidak bisa mengakses layanan kesehatan lantaran belum terdaftar di BPJS. Bahkan, kasus terakhir adalah saat seorang pasien sakit jiwa pemegang PKMS Gold tak kunjung mendapat layanan lantaran jaminan kesehatannya nihil.

“Untuk sementara, warga mendaftar dulu BPJS Mandiri, paling tidak iuran per satu bulan. Tapi, Bappeda harus memberikan jaminan kalau Gakin tersebut akan masuk dalam PBI BPJS usai terverifikasi,” tandas Reny.

Seperti diketahui, tiga kelurahan di Kota Solo belum mengirimkan dara verifikasi integrasi Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) Gold kemigrasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Alhasil, migrasi data yang seharusnya dikirimkan maksimal pada Rabu (20/1) kemarin belum lengkap.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge