0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Verifikasi PKMS Gold di Tiga Kelurahan Molor

Ilustrasi, Kartu PKMS (dok.timlo.net/ist)

Solo – Tiga kelurahan di Kota Solo belum mengirimkan data verifikasi integrasi Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) Gold ke migrasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Alhasil, migrasi data yang seharusnya dikirimkan maksimal pada Rabu (20/1) kemarin belum lengkap.

“Terakhir, Selasa (19/1) kami melakukan pengecekan masih ada kendala pendataan di tiga kelurahan. Kami sangat menyayangakan karena ini berkaitan dengan jaminan kesehatan warga miskin,” kata Ketua Komisi IV, Hartanti, baru-baru ini.

Tiga kelurahan yang dimaksud, kata Hartanti, yakni Kelurahan Jebres, Kadipiro dan Gilingan. Tim Penanggulangan Kemiskinan Kelurahan (TPKK) belum mengirimkan data verifikasi peserta PKMS Gold hingga Selasa (19/1) kemarin. Migrasi data diperlukan untuk memproses para pemilik PKMS Gold agar menjadi penerima bantuan iuran (PBI) BPJS.

Disinggung jumlah yang warga Solo yang terdaftar dalam PKMS Gold, Hartanti mengaku ada sebanyak 21.000 orang lebih. Sejauh ini, Bappeda Solo baru merampungkan hingga 11.625 warga pemegang kartu Gold.

Menurutnya, tiga kelurahan yang belum merampungkan pendataan tersebut memang terbilang luas. Namun, bukan berarti menjadi alasan untuk keterlambatan pendataan.

“Anggota timnya banyak yang telah berusia ‘sepuh’. Jadi kinerja kurang maksimal. Harusnya, waktu seleksi anggota TPKK harus selektif dan memiliki mobilisasi tinggi,” tandas Hartanti.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge