0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Eks Pengikut Gafatar Dipulangkan, Ini Pesan MUI

Gafatar ©2016 gafatar.org (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Warga Jawa Barat yang sempat tergabung dengan organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) akan segera kembali ke rumah masing-masing. Tercatat 439 warga Jabar sempat terlibat ke organisasi yang disebut-sebut sesat tersebut. MUI Jabar pun memberikan pesan agar tinggalkan .

“Saya mengusulkan agar begitu dipulangkan ke daerah masing-masing, pemerintah daerah berkoordinasi dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia), tokoh agama, hingga ormas Islam untuk melakukan pembinaan,” kata Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, Rafani Achyar, Sabtu (23/1).

Jika pemulangan tanpa ada pembinaan pemahaman yang sudah dilakukan Gafatar tidak akan pudar. Sehingga pembinaan harus dilakukan agar tidak ada lagi sisa sisa pemahaman menyimpang. Karena tidak menutup kemungkinan Gafatar akan kembali menjadi lebih besar atau bertransformasi dengan nama baru.

“Kalau dibiarkan saja, saya yakin suatu saat ini akan muncul lagi, sehingga pembinaan jangan sampai terlambat supaya mereka tidak kembali lagi,” ujarnya.

Dia mengaku, MUI akan menemui para anggota yang pernah bergabung dengan Gafatar. Pihaknya ingin menggali informasi ormas tersebut. Salah satu tujuannya adalah agar MUI bisa memetakan langkah antisipasi agar tidak ada lagi warga yang terjebak masuk jadi anggota Gafatar.

Dia menambahkan, sepulang eks Gafatar ke rumah agar tidak ada intimidasi atau mengucilkan pada mereka. “Jangan sampai masyarakat bereaksi berlebihan, itu harus dijaga betul. Tidak boleh ada tindakan kekerasan,” ungkapnya. [did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge