0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Koperasi di Solo Mati Suri

timlo.net/achmad khalik
Kepala UMKM Koperasi Solo, Nur Haryani (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Hampir 50 persen koperasi di Kota Solo mengalami mati suri lantaran tidak aktifnya sistem keanggotaan internal mereka. Disamping itu, kesadaran masyarakat untuk membangkitkan ekonomi melalui koperasi juga dinilai masih lemah.

“Total koperasi di Kota Solo mencapai 565 koperasi. Sebagian kurang aktif lantaran kendala internal,” kata Kepala UMKM Koperasi Solo, Nur Haryani, Jumat (22/1).

Kendala yang dihadapi, kata Nur, adalah kurang aktifnya anggota dalam mengelola modal pokok. Disamping itu juga, terjadi kredit macet dalam internal koperasi yang dibangun. Seharusnya, para anggota aktif memberlakukan simpanan tiap bulan guna kelancaran kredit yang akan dikeluarkan.

“Pastinya juga disertai pengawasan dan sanksi jika ada anggota yang mengalami kredit macet,” kata Nur.

Selama ini, lanjutnya, Pemkot Solo telah melakukan sosialisasi terhadap sejumlah kawasan guna menggiatkan koperasi ditingkat wilayah. Disamping itu juga, jika koperasi dibangun dari tingkat bawah atau kalangan masyarakat maka akan lebih kuat dibanding dari pemerintah ketingkat bawah.

“Lahirnya koperasi ini kan dari bawah. Jika masyarakatnya telah sadar akan pentingnya berkoperasi, maka akan lebih berkembang dan kuat. Pemerintah hanya bersifat memberikan dorongan saja,” jelas Nur.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge