0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Tahun Baru Imlek, Klenteng Pasar Gede Gelar ’Ruwatan’

timlo.net/daryono
Seorang pekerja tengah memasang lampion di Klenteng Tien Kok Sie, Pasar Gede. Jelang prosesi menyambut tahun baru imlek (timlo.net/daryono)

Solo – Perayaan Tahun Baru Imlek (Kongzili) 2.567 yang jatuh pada 8 Februari 2016 bakal diawali dengan beberapa tradisi dan ritual di Klenteng Tien Kok Sie, Pasar Gede. Tradisi dan ritual yang digelar antaralain Pao Oen, Grebeg Sudiro dan penyucian kiem sien Konco (patung) BI LEK HUD.

“Pao Oen itu kalau dibudaya Jawa lebih dikenal dengan ruwatan. Artinya, selama hidup ini ada hal-hal yang tidak berkenan, hal-hal yang tidak baik. Kita memohon pengampunan kepada Tuhan untuk segala kesalahan dan hal tidak baik yang kita buat,” kata Ketua Umum Klenteng Tien Kok Sie, Henry Susanto kepada wartawan, Jumat (22/1).

Prosesi Pao Oen ditandai dengan pelepasan 888 burung gereja dan 888 ikan lele pada Minggu (24/1). Pelepasan burung dilakukan di depan Klenteng, sementara ikan lele akan dilepas di Sungai Bengawan Solo, di bawah jembatan Jurug. Angka 888 dipilih lantaran angka 8 dipercayai merupakan angka baik di tahun monyet api.

“Pelepasan burung dan ikan itu dalam artian menjaga ekosistem alam. Upacara ini merupakan wujud ucapan terima kasih kepada Tuhan atas segala yang diberikan selama tahun kambing dalam menyambut tahun monyet api,” beber Henry.

Setelah prosesi Pao Oen, pada 31 Januari 2016 akan digelar Grebeg Sudiro. Dalam grebeg ini, sebanyak 1 ton kue keranjang akan didoakan di Klenteng sebelum diarak. Prosesi grebeg dimaksudkan sebagai bentuk doa agar tidak kekurangan makan di tahun monyet api.

Ritual perayaan Kongzili 2567 di Klenteng, sambung Henry, akan ditutup dengan prosesi penyucian patung BI LEK HUD pada malam Imlek atau Minggu (7/1) malam.

“Dalam ritual itu, dilakukan pula penyalaan thiam ting dengan tujuan agar diberikan penerangan, kesehatan dan keselamatan dalam menyambut tahun monyet api,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge